Bahasa
Palembang itu terdiri dari Baso Pelembang Alus atau Bebaso dan Baso Pelembang
Sari-sari. Baso Pelembang Alus dipergunakan dalam percakapan dengan pemuka
masyarakat, orang-orang tua, atau orang-orang yang dihormati, terutama dalam
upacara-upacara adat. Bahasa ini berakar pada bahasa Jawa karena raja-raja
Palembang berasal dari Kerajaan Majapahit, Kerajaan Demak, dan Kerajaan Pajang.
Itulah sebabnya perbendaharaan kata Baso Pelembang Alus banyak persamaannya
dengan perbendaharaan kata dalam bahasa Jawa.
Sementara
itu, Baso sehari-hari dipergunakan oleh wong Palembang dan berakar pada bahasa
Melayu. Dalam praktiknya sehari-hari, orang Palembang biasanya mencampurkan
bahasa ini dan Bahasa Indonesia (pemilihan kata berdasarkan kondisi dan
koherensi) sehingga penggunaan bahasa Palembang menjadi suatu seni tersendiri.
Bahasa
Palembang memiliki kemiripan dengan bahasa daerah provinsi di sekitarnya,
seperti Jambi, Bengkulu bahkan Jawa (dengan intonasi berbeda). Di Jambi dan
Bengkulu, akhiran 'a' pada kosakata bahasa Indonesia yang diubah menjadi 'o'
banyak ditemukan.
Asal nama Palembang terdapat 3
buah versi yang berbeda :
1.
Palembang Berasal dari Kata Melimbang emas
Konon sebagian
besar mata pencaharian warga di wilayah ini adalah mendulang emas. Kegiatan
melimbang atau memisahkan tanah/lumpur dan biji emas ini disebut melimbang dan
pa dalam konteks melayu menunjukkan tempat maka Palimbang di artikan sebagai
tempat melimbang emas. Lalu kata
melimbang tsb mengalami perubahan menjadi Palembang.
Tetapi
ada pula yang mengatakan bahwa pengertian emas tersebut adalah arti kiasan, bukan arti sebenarnya.
Karena sungai di Palembang, terutama sungai Musi yang cukup lebar, dapat
dilalui oleh kapal-kapal besar pada zaman kesultanan. Sehingga daerah ini
banyak dikunjungi oleh saudagar / pedagang asing. Karena itu dulunya daerah ini
adalah daerah yang kaya raya dan menjadi pusat perdagangan, disamping hasil
sungainya yang melimpah yaitu ikan-ikannya yang sangat banyak. Dengan demikian
melimbang emas di sini berarti daerah yang yang mudah untuk mencari nafkah.
2.
Palembang Berasal dari Kata Pai lian Bang
Dalam
perjalanan dakwahnya, Sunan Gunung Jati telah sampai ke negeri Cina, Disana
beliau membuka praktek sistem pengobatan. Setiap yang datang berobat diajarinya
berwudhu dan sholat. Orang cina kemudian mengenalnya sebagai sinshe dari jawa
yang sakti dan berilmu tinggi. Akhirnya banyak diantara penduduknya memeluk
Islam, termasuk seorang menteri Cina bernama Pai Lian Bang. Bahkan Kaisar Cina
meminta Sunan Gunung Jati untuk menikahi putrinya yang bernama Ong Tien. Sunan
Gunung Jati tidak mau mengecewakan sang kaisar, maka pernikahan tersebut
dilangsungkan, kemudian ia pulang ke Jawa beserta Ong Tien.
Keberangkatannya
ke Jawa dikawal dua Kapal Kerajaan yang dikepalai murid Sunan Gunung Jati, Pai
Lian Bang. Kapal yang ditumpangi oleh Sunan Gung Jati berangat lebih dahulu dan
singgah di Sriwijaya karena tersiar kabar bahwa adipati Sriwijaya yang berasal
dari Majapahit bernama Ario Damar atau Ario Abdillah (nama Islamnya) telah
meninggal dunia. Makam beliau dapat kita lihat sampai sekarang di Jalan
Ariodillah Palembang. Sedangkan Ario Abdillah ini adalah anak tiri dari
Fatahillah.
Karena kedua
putra dari Ario Abdillah telah menetap di Jawa, maka Sunan Gunung Jati mengharapkan
agar rakyat Sriwijaya berkenan mengangkat Pai Lian Bang sebagai adipati supaya
tidak ada kekosongan kepemimpinan. Pai Lian Bang tidak menolak atas
pengangkatannya, ia berkata : ”…seandainya bukan Sunan Gunung Jati sebagai
guruku yang menyuruhku, maka aku tidak akan mau diangkat menjadi adipati…”.
Dengan bekal ilmu selama menjadi menteri di Cina, Pai
Lian Bang berhasil membangun Sriwijaya. Pesantren dan madrasah benar-benar
dikembangkannya dan beliau menjadi Guru Besar dlam Ilmu Ketatanegaraan. Murid-muridnya
cukup banyak yang datang dari Pulau Jawa dan Sumatera termasuklah seorang cucu
Sunan Gunung Jati dari Putrinya Panembahan Ratu yang dinikahi oleh Danuresia
(Empu Eyang Dade Abang) yang bernama Syaikh Nurqodim al Baharudin (di sumsel
dikenal dengan Puyang Awak). Pada akhirnya setelah Pai Lian Bang wafat,
Sriwijaya diganti nama menjadi PALEMBANG yang diambil dari nama PAI LIAN BANG
3.
Palembang Berasal dari kata Pa dan Lembang
Pada
zaman dahulu, daerah Sumatra Selatan dan sebagian Provinsi Jambi berupa hutan
belantara yang unik dan indah. Puluhan sungai besar dan kecil yang berasal dari
Bukit Barisan, pegunungan sekitar Gunung Dempo, dan Danau Ranau mengalir di
wilayah itu. Maka, wilayah itu dikenal dengan nama Batanghari Sembilan. Sungai
besar yang mengalir di wilayah itu di antaranya Sungai Komering, Sungai
Lematang, Sungai Ogan, Sungai Rawas, dan beberapa sungai yang bermuara di
Sungai Musi. Ada dua Sungai Musi yang bermuara di laut di daerah yang
berdekatan, yaitu Sungai Musi yang melalui Palembang dan Sungai Musi Banyuasin
agak di sebelah utara.
Karena
banyak sungai besar, dataran rendah yang melingkar dari daerah Jambi, Sumatra
Selatan, sampai Provinsi Lampung merupakan daerah yang banyak mempunyai danau
kecil. Asal mula danau-danau kecil itu adalah rawa yang digenangi air laut saat
pasang. Sedangkan kota Palembang yang dikenal sekarang menurut sejarah adalah
sebuah pulau di Sungai Melayu. Pulau kecil itu berupa bukit yang diberi nama
Bukit Seguntang Mahameru.
Menurut
bahasa Melayu tua, kata lembang berarti dataran rendah yang banyak digenangi
air, kadang tenggelam kadang kering. Jadi, penduduk dataran tinggi yang hendak
ke Palembang sering mengatakan akan ke Lembang. Begitu juga para pendatang yang
masuk ke Sungai Musi mengatakan akan ke Lembang.
Kemudian
ketika orang hendak ke Lembang selalu mengatakan akan ke Palembang. Kata pa
dalam bahasa Melayu tua menunjukkan daerah atau lokasi. Pertumbuhan ekonomi
semakin ramai. Sungai Musi dan Sungai Musi Banyuasin menjadi jalur perdagangan
kuat terkenal sampai ke negara lain. Nama Lembang pun berubah menjadi Palembang
Asal nama Palembang yang
berasal dari kata “pa” dan “lembang” ini juga di lihat dalam kamusnya ‘A Malay
English Dictionary’ yang dikeluarkan di Singapore tahun 1903 menyebutkan bahwa
lembang adalah tanah yang berlekuk, tanah yang rendah, akar yang membengkak
karena terendam lama di dalam air. Menurut Kamus Dewan (karya Dr. T.Iskandar,
Dewan Bahasa dan Pustaka, 1986), lembang berarti lembah, tanah lekuk, tanah
yang rendah. Untuk arti lain dari lembang adalah tidak tersusun rapi,
terserak-serak. dan dalam bahasa Melayu, lembang berarti air yang merembes atau
rembesan air. Arti Pa atau Pe menunjukkan keadaan atau tempat.
Legenda
Pulau Kemaro, terletak di daerah Sumatera Selatan, tepatnya di tengah sungai
Musi yang membelah kota Palembang. Kemaro sendiri merupakan bahasa Palembang,
yang berarti kemarau. Menurut masyarakat Palembang, dinamakan pulau Kemaro
karena pulau ini tidak pernah digenangi air. Walaupun volume air di sungai Musi
meningkat, Pulau Kemaro tetap saja kering. Karena keunikan inilah, masyarakat
sekitarnya menjulukinya sebagai Pulau Kemaro.
Pulau
Kemaro terletak di sebuah delta yang berada di tengah-tengah sungai Musi,
sekitar 5 km arah hulu. Di dalam pulau ini terdapat sebuah makam yang diyakini
sebagai makan dari Putri Sriwijaya Siti Fatimah yang menceburkan diri ke Sungai
Musi.
Menurut
cerita, pada zaman dahulu seorang putri dari raja Sriwijaya bernama Siti
Fatimah dilamar oleh putra raja dari negeri Tiongkok bernama Tan Bun Ann. Raja
Sriwijaya ini mengajukan persyaratan yang harus dipenuhi oleh Tan Bun Ann.
Persyaratannya adalah Tan Bun Ann harus menyediakan 9 guci berisi emas.
Keluarga Tan Bun Ann pun menerima syarat yang diajukan itu. Untuk menghindari
bajak laut, emas yang berada di dalam guci-guci itu dilapisi sayur-mayur oleh
keluarga tanpa sepengetahuan Tan Bun Ann.
Pada
suatu hari rombongan Tan Bun Ann tiba dari Tiongkok dengan 9 guci emas yang
telah dijanjikan. Namun, setelah diminta menunjukkan isi gucinya oleh raja
Sriwijaya, Tan Bun Ann terkejut karena melihat sayur mayur di dalam 9 guci yang
dibawanya. Karena kaget dan marah, tanpa memeriksa terlebih dahulu, Tan Bun Ann
langsung melemparkan guci-guci tersebut ke dalam Sungai Musi. Tetapi pada guci
yang terakhir, terhempas pada dinding kapal dan pecah berantakan, sehingga
terlihatlah kepingan emas yang berada di dalamnya.
Rasa
penyesalan yang membuat Tan Bun Ann mengambil keputusan tak terduga, ia
menceburkan diri ke dalam Sungai Musi. Melihat kejadian tersebut, Siti Fatimah
ikut menceburkan diri ke sungai, sambil berkata, “Bila suatu saat ada tanah
yang tumbuh di tepi sungai ini, maka di situlah kuburan saya.” Dan ternyata
benar, tiba-tiba dari bawah sungai timbul gundukan tanah yang akhirnya sekarang
menjadi pulau Kemaro ini.
Apabila
kita berkunjung ke pulau Kemaro, akan didapati tiga buah gundukan tanah yang
menyerupai batu karang, dimana setiap gundukan diberi semacam atap dari kayu
dan diberi batu nisan dengan tulisan Tiongkok yang didominasi warna merah.
Menurut cerita, gundukan tanah yang di tengah adalah makam sang putri.
Sedangkan dua gundukan tanah yang ada di sebelanya merupakan makam ajudan dari
pangeran Tiongkok dan dayang kepercayaan sang putri. Hingga kini makam-makam
tersebut masih terawat baik sebagai legenda pulau Kemaro.
Syair lagu kebile – bile ( palembang )
Kabile-bile mangke ku lege
Kabile-bile ku ade kance
Kabile-bile mangke ku lege
Kabile-bile ku ade kance
Kabile nian jagunglah putih
Putih dik putih kukendam kina
Kebile nian ibung kah nulih
Nulih dik nulih kudendam kina
Kabile nian mampat begune
Mangke dik payah ku nandan lagi
Kebile nian sifat begune
Mangke dik payah ku midang lagi
Oh, malang nian nasib 'mbak ini
Bilangan jeme lah laut gale
Alahkah sedih ai tumbak ini
Aku 'mbak ini dide bekance
Di
Palembang sendiri ada tradisi berbalas pantun, yang biasanya diucapkan saat
menyambut calon "besan" atau juga acara para muda-mudi. Beberapa
pantun, yang menggunakan bahasa palembang, sebagai berikut :
Jalan-jalan ke sungai musi...
Naek ketek bayar seribu...
Cindo nian idak terperi ...
Wahai adek bekerodong biru...
Makan pempek di pasar kuto...
Dak teraso suda abes limo...
Payo sadar umur lah tuo...
Maseh dak galak sholat jugo...
Ikan lais ikan putak...
Dapet manceng dibawa jeramba...
Wahai gadis yang pake kebayak...
Bolehkah abang bertanya nama...
Layangan potos di tanah lapang...
Budak berebot pake durilang...
Sungguh hati abang tak tenang...
Liat adek yang pakek gelang...
UTS Part 2
Indri Yanti
4423107038
Tidak ada komentar:
Posting Komentar