Rabu, 18 Mei 2011

Nusa Tenggara Timur

PUTRA TEGAR ADI
4423 107 035
PARIWISATA 2010

Nusa Tenggara Timur adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di tenggara Indonesia. Provinsi ini terdiri dari beberapa pulau, antara lain Flores, Sumba, Timor, Alor, Lembata, Rote, Sabu, Adonara, Solor, Komodo dan Palue. Ibukotanya terletak di Kupang, Timor Barat.
Provinsi ini terdiri dari kurang lebih 550 pulau, tiga pulau utama di Nusa Tenggara Timur adalah Flores, Sumba dan Timor Barat.
Provinsi ini menempati bagian barat pulau Timor. Sementara bagian timur pulau tersebut adalah bekas provinsi Indonesia yang ke-27, yaitu Timor Timur yang merdeka menjadi negara Timor Leste pada tahun 2002.
Nusa Tenggara Timur —  Provinsi  —
Peta lokasi Nusa Tenggara Timur Negara Indonesia Dasar hukum UU 64/1958 Ibu kota Kupang Koordinat 11º 10' - 7º 30' LS
118º 30' - 125º 20' BT Pemerintahan  - Gubernur Frans Lebu Raya Luas  - Total 48.718,10 km2 Populasi (2010)  - Total 4.679.316  Kepadatan 96/km² Demografi  - Suku bangsa Atoni atau Dawan (21%), Manggarai (15%), Sumba (13%), Lamaholot (5%), Belu (6%), Rote (5%), Lio (4%), Tionghoa (3%)  - Agama Katolik Roma (78%), Protestan (17%), Islam (4%), Lainnya (1%)  - Bahasa Bahasa Indonesia Zona waktu WITA Kabupaten 15 Kota 1 Kecamatan 186 Desa/kelurahan 2.650 Lagu daerah Moree Situs web www.nttprov.go.id


Arti lambang Kabupaten Nusa Tenggara Timur adalah sebagai berikut:
  • Berbentuk perisai dengan sudut lima dengan maksud, selain melambangkan makna perlindungan rakyat juga melambangkan Pancasila.
  • Dalam perisai terBerkas: bintang, komodo, padi dan kapas, tombak dan pohon Beringin.
  • Bintang melambangkan keagungan Tuhan yang Maha Esa, komodo (buaya darat) satu-satunya reptil prasejarah yang hingga kini masih lestari. Binatang purba ini merupakan reptil raksasa yang oleh dunia dinyatakan dilindungi karena jenis hewan ini hanya terdapat di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di pulau komodo. Banyak wisatawan dari seluruh dunia datang ke pulau ini hanya untuk melihat komodo.
  • Padi-kapas melambangkan kemakmuran.
  • Tombak melambangkan keagungan dan kejayaan.
  • Pohon beringin melambangkan persatuan dan kesatuan yang tetap terpelihara.
  • Hari terbentuknya provinsi Nusa Tenggara Timur dilukiskan melalui jumlah padi (14) dan tahun 1958 tertera langsung pada sudut bawah lambang.

Pemerintahan
Kabupaten dan Kota :
No. Kabupaten / Kota Ibu kota

1. Kabupaten Alor Kalabahi .
2. Kabupaten Belu Atambua .
3. Kabupaten Ende Ende .
4. Kabupaten Flores Timur Larantuka .
5. Kabupaten Kupang Kupang .
6. Kabupaten Lembata Lewoleba .
8. Kabupaten Manggarai Barat Labuan Bajo.
10. Kabupaten Ngada Bajawa .
14. Kabupaten Sikka Maumere .
15. Kabupaten Sumba Barat Waikabubak .
17. Kabupaten Sumba Tengah Waibakul .
18. Kabupaten Sumba Timur Waingapu .
21. Kota Kupang Kupang.


Populasi
Jumlah penduduk di provinsi ini adalah 4.448.873 jiwa dimana penduduk laki-laki sebanyak 2.213.608 jiwa dan penduduk perempuan sebanyak 2.235.265 jiwa (2007). Sebagian besar penduduk beragama Kristen dengan persentase ± 89% (mayoritas Katolik), ± 9% Muslim, ± 0,2% Hindu atau Buddha dan ± 3% untuk lainnya. Nusa Tenggara Timur menjadi tempat perlindungan untuk kalangan Kristen di Indonesia yang menjauhkan diri dari konflik agama di Maluku dan Irian Jaya.
Tingkat pendaftaran sekolah menengah adalah 39% yang jauh dibawah rata-rata Indonesia, yaitu 80.49% tahun 2003/04 (menurut UNESCO). Minuman berupa air bersih, sanitasi dan kurangnya sarana kesehatan menyebabkan terjadinya kekurangan gizi anak (32%) dan kematian bayi (71 per 1000) juga lebih besar dari kebanyakan provinsi Indonesia lainnya.
Ekonomi
Menurut berbagai standar ekonomi, ekonomi di provinsi ini lebih rendah dari pada rata-rata Indonesia, dengan tingginya inflasi (15%), pengangguran (30%) dan tingkat suku bunga (22-24%).
Kepulauan
Seperti halnya Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur merupakan provinsi yang didominasi oleh kepulauan, tiga pulau utama di wilayah ini adalah Flores, Sumba, dan Timor Barat.
Sedangkan pulau-pulau lain diantaranya adalah Pulau Adonara, Alor, Babi, Besar, Bidadari, Dana, Komodo, Rinca, Lomblen, Loren, Ndao, Palue, Pamana, Pamana Besar, Pantar, Rusa, Raijua, Rote (pulau terselatan di Indonesia), Sawu, Semau dan Solor.

Batas Wilayah :
U         : Laut Flores.
S          : Samudera Hindia.
B         : Provinsi Nusa Tenggara Barat.
T          : Timor Leste, Kep. Maluku, Laut Banda.

Pariwisata
1.      Goa Kristal
Image description
Hanya 30 menit dari Kota Kupang, terbentang sebuah sistem goa air tawar dengan beberapa formasi sistem yang diketahui sangat unik. Fosil karang, Halo-clines, ruang udara, terowongan air, bentuk-bentuk yang aneh, dan menjanjikan penemuan dan pengalaman berharga. Anda dapat berenang, snorkling, menyelam, atau hanya berkeliling menikmati keunikan sistem goa ini.
Matahari sering bersinar langsung menembus goanya namun Kami sarankan untuk membawa senter bersama Anda untuk keamanan.
Jangan heran jika Anda menemukan anak-anak sekolah setempat di sana bersantai ria di kolam Goa Kristal yang jernih.

2.      Pantai Lasiana
Cara tepat untuk menghilangkan stress
Hanya 14km di luar Kupang adalah Pantai Umum Lasiana dimana sebagai tempat bersantai bagi masyarakat lokal maupun para turis. Pada hari kerja, pantai sepi sekali kecuali beberapa nelayan setempat. Pantai sekitar 2km panjang dan biasanya airnya selalu pas untuk berenang karena tidak adanya gelombang besar dan dasarnya berpasir, tidak berbatu. Pada akhir minggu, Pantai Lasiana ramai dikunjungi, kadang-kadang hingga ratusan pengunjung dan penjual atau pedagang kaki lima. Jagung bakar, kelapa muda, minuman dingin, dan berbagai pilihan makanan penuh sepanjang pinggir pantai.

3.      Menyelam di Kupang

Bila Anda pencinta aneka ikan dan karang, Anda akan menyenanginya

Image description
Berbagai bentuk penyelaman tersedia di Kupang. Kami memiliki pilihan untuk menikmati penyelaman reef(batu karang) yang sangat indah di pulau Semau dan pulau Kera yang dapat dicapai dalam satu hari. Ikan dan batu karang yang terdapat disekeliling pulau-pulau ini terkenal di Indonesia sebagai lingkungan laut yang terkaya.

4.      Kapal Perang Jepang yang Tenggelam

Sebuah bagian dari sejarah

Image description
Sebuah kapal perang Jepang dari tahun 1942 telah ditemukan di lokasi tersembunyi di perairan pulau Semau pada kedalaman dangkal, yang sangat sesuai untuk penyelam. Dibom oleh Angkatan Udara Australia pada tahun 1942. Kapalnya tenggelam persis di lokasi jangkarnya. Anda dapat mengunjunginya dan melihat sendiri bagian kapal dengan titik impak bom tersebut serta puing-puing besi yang hancur dari ledakan itu.

5.      Lomba Mancing Kupang Internasional

Tag dan release

Image description
Pulau Timor, sepanjang Rote dan Sumba cepat menjadi terkenal dengan perlombaan memancing di wilayah Timur Indonesia. Walaupun Kupang belum memiliki perahu khusus mencari ikan layar, sangat gampang mencarter perahu lokal bersama nelayan yang sering menangkap "Marlin" dan "Sailfish" dengan peralatannya yang sederhana.

6.      Komodo Dragon - Pulau Komodo
Waspadai langkah Anda!
Image description
Komodo Dragon(Varanus Komodoensis) atau lebih dikenal dengan panggilan "Ora" oleh penduduk lokal, kehidupan di sekeliling pulau Komodo sepintas tampak seperti lima ratus ribu tahun lalu. Penduduk pulaunya hanya ada di kampung nelayan bernama"Komodo" dimana mereka mendapat uang sedikit dari memelihara kambing untuk makanan Komodo. Komodo Dragon tidak di kurung namun dibiarkan bebas berjalan keliling sekitaran pulau. Mengikuti Ranger(pemandu) berjalan di antara puluhan ekor Komodo Dragon tanpa pelindung apapun kecuali sebatang kayu. Inilah pengalaman unik yang tak terlupakan seumur hidup.

Danau 3 Warna Kelimutu - Pulau Flores
Patut dikunjungi jika Anda sudah berada di Flores A must see for Flores travelers
Image description
Danau berwarna tiga Kelimutu diakui oleh dunia sebagai salah satu keajaiban dunia (World Wonder). Warnanya selalu berubah bertahun-tahun dari perubahan kimia di airnya atau komposisi biolginya? - berfikirlah pada saat Anda menikmati keajaibannya. Pulau Flores betul-betul kaya tradisi lebih dari tempat lain di N.T.T., mulai dari motif kain ikat dari Sikka, Manggarai and Nggela sampai danau berwarna tiga Kelimutu dengan pemandangannya indah istimewa dan Taman Laut Pulau Tujuhbelas di Riung.

7.      Pasola - Pulau Sumba
Acara tradisional yang selalu berdarah
Image description
Event tradisional yang terkenal ini, festival Pasola masih dirayakan sampai hari ini di Sumba Barat oleh ratusan peserta bertombak tajam. Menurut tradisi, Pasolanya harus mulai setelah penangkapan Nyale(cacing laut) yang biasanya terjadi di bulan Februari di Kodi dan Lamboya dan bulan Maret di Wanukaka. Waktu yang lebih tepat adalah enam hari sebelum bulan purnama di bulan Februari dan Maret. Ambil kesempatan dan nikmati salah satu event ini dan Pasola akan menjadi memori terbaik dalam kunjungan Anda.

8.      Buru Paus di Lamalera - Pulau Lembata
Kejadian Spektakular
Image descriptionPulau Lembata terkenal di dunia sebagai pemburu paus tradisional tetapi yang tidak dikenal adalah penduduknya yang kaya kebudayaan. Kain ikat yang sangat indah dibuat dari bahan kapas yang ditanam, diputar dan diwarnai sendiri oleh pengrajinnya. Kain ini masih sangat istimewa, dipakai menukar dengan bahan gading pada saat pernikahan antar dua keluarga. Pemandangan sekeliling pulaunya sangat indah, dari gunung api " Ile Ape" sampai teluk-teluk berkelapa dan pasar lokal yang penuh warna - keindahan dan kesenangan ada di mana-mana


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar