Senin, 13 Juni 2011

TUGAS KELOMPOK 2

1. CINDY APRINA MIRASARI (4423107052)
2. DRIEKA KESUMA PUTRI (4423107033)
3. TIO ULI PATRICIA (4423107036)
4 YESSICA (4423107044)

Cara mengemas objek wisata sejarah seperti Kawasan Onrust dan sekitarnya menjadi objek wisata yang tidak hanya bernuansa wisata sejarah  adalah

Paket wisata
1.      1. Wisata Religi
Paket wisata ini kami tujukan untuk para calon haji ke Pulau Onrust dimana dulunya pulau ini adalah pusat karantina para calon haji wisata realigi ini ditujukan untuk menambah kekhusyukan calon haji wisata calon haji, agar mereka mengetahui bahwa betapa sulitnya untuk naik haji pada jaman dulu.
-          Isi Paket Wisata

Para wisatawan (calon haji) akan menginap di cottage dan akan melakukan ziarah ke tempat-tempat yang pernah di kunjungi para calon haji pada jaman dahulu, seperti tempat karantina calon haji. Para wisatawan juga akan kami suguhkan dengan jamuan sea food dengan bahan-bahan yang langsung diambil dari laut, para wisatawan juga bisa melakukan wisata belanja ke took souvenir yang ada di  Pulau Onrust.

2.      2. Wisata Alam 
PP  Paket wisata ini mengeksplor keindahan alam di Pulau Onrust. Dimana para wisatawan dapat menikmati dan melakukan refleksi diri dari kebisingan kota. Disini para wisatawan bessantai dengan cara “piknik” di bawah pohon rindang bersama keluarga. Para wisatawan yang hobi photographer pun dapat mengekspresikan keahliannya di pulau ini. Karena keindahan alam di pulau ini anda dapat mengambil gambar spot-spot yang indah seperti laut, tempat sejarah, maupun kebun yang berbentuk seperti kebun raya di Bogor. Paket wisata ala mini sangat cocok diperuntukkan bagi keluarga yang ingin pergi refreshing menghilangkan kebisingan kota.
-         -  Isi Paket wisata
Para wisatawan akan menginap di “Rumah Pohon” yang terbuat dari kayu jati yang terdapat diatas pohon, lokasi rumah pohon ini terdapat di setiap pohon yang berlokasi di kebun (yang bergaya seperti Kebun Raya Bogor). Di kebun ini juga terdapat out bond dan kolam renang khusus keluarga. Kami juga menyuguhkan gaya makan malam bergaya “berbequean”. Ini semua kami masukkan ke dalam paket wisata alam onrust.

3.    Wisata Bahari
-          Wisata Air (Menyelam) :
Dipulau Onrust mempunyai fasilitas untuk menyelam (Diving) dan kami akan menjelaskan beberapa cara untuk menyelam dengan benar dan baik. Dikarenakan kami mempunyai pemandu khusus untuk menyelam, sebelum naik kekapal rombongan wisatawaan harus memakai pelampung buat untuk berjaga-jaga bila ada bahaya dilaut. Setelah 10 menit sampai ditempat wisata air untuk Diving (menyelam) pemandu b memberi informasi tenntang peraturan Pulau Onrust. Setelah pemandu wisata memberi peraturan, para wisatawaan mulai memakai peralan Diving seperti, tabung oksigen yang beratnya mencapai 15 kg, pelampung, fin, pemberat dipinggang yang beratnya mencapai 30-35 kg supaya para penyelam bisa menyelam sampai dasar laut, rambut wisatawaan harus diikat supaya tidak terkena kedalam masker mata, setelah iu yang terlebih penting masker yang digunakkan untuk mata dipastikan tidak longgar dikarenakan samapi longgar sangat bahaya untuk mata kita. Sebelum menyelam pastikan tabung oksigen anda angka tabung normal dan tidak masuk air didalam diameter angka tabung. Sebelum menyelam pemandu wisata memberi arahan untuk para wisatawaan untuk melakukan pemanasan sebelum menyelam agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.. Setelah siap semua para wisatwaan siap dipinggir kapal untuk diceburkan satu persatu dan siap menyelam. Sesudah didalam laut para wisatawaan harus melakukan ekualisasi 1 menit sekali, cara ekulisasi yaitu mencencet hidung sampai terdengar (PLUK.. PLUK.. PLUK..) berarti bertanda ekualisasi berhasil itu harus di lakukan selama 1  menit sekali.

-         Wisata Air (Banana Boat)

Banana Boat menggunakan perahu karet tunggal, anda akan ditarik speed boat berkeliling Pulau Onrust dalam waktu 15 menit. Kapasitas muatan banana boat ini adalah maximal 4 orang pluys 1 orang instruktur sebagai pendamping. Anda bisa meminta diceburin ke dalam air selama boat berjalan, atau kalo tidak mau basah minta yang normal-normal saja. Kurang seru sih kalau main banana boat tanpa nyebur.

-          - Wisata Air (Jetski)

Permainan JETSKI menggunakan kendaraan pantai seprti sepeda motor. Jetski disini tidak bisa anda kendarai sendiri, harus didampingi oleh instruktur, Mengingat di Pulau Onrust banyak terdapat perahu-perahu dan aktifitas watersport lainnya, sehingga tabrakan bisa dihindari. Jangan kwahtir. Instruktur  hanya akan mengendarai dari pinggir menuju ketengah laut, nah sampai disana giliran ada yang menyetir,instruktur boncengan. Waktu permainan asdalah 15 menit. Kalau anda mau exciting mengendarinnya, cobalah terjang ombak yang ada.. maka anda akan merasakan sensasi nikmatnya berkendara jetski ini.

-          Wisata Air (Snorkling)

Snorkling, yaitu berenang sambil melihat pemandangan bawah laut. Syarat utamannya anda harus bisa berenang. Dengan menggunakan masker dan fin, anda akan melihat ikan-ikan hias serta terumbu karang yang ada sambil berenang
Ini adalah beberapa paket wisata air untuk di Pulau Onrust.

Kita juga bisa melihat kotest-kotest di Pulau Onrust :
Di cottage inilah para wisatawaan akan kami antar untuk beristirahat. Biaya paket wisata kotest ini kami sengaja beri tambahan biaya untuk keperluan lingkungan sekitar Pulau Onrust yang diaman di Pulau Onrust ini masih banyak kuarang penerangan lampu, banyak samapah, jalanan ke Pulau Onrust masih sangat sulit untuk dilewati dan air-air rumah penduduk masih bercampur dengan air laut. Maka dari itu kami menambahkan sedikit biaya untuk melestarikan dan menjaga kenyamanaan wisata anda.

4.      Paket wisata Out bond
1.      Team Building
Kami bekerja sama dengan tim Builiding Indonesia sebagai operator/provider tim building atau outbound. Trainning yang terus berkembang selalu berusaha memberikan sentuhan khusus pada prog-program tim buiding, training sahingga para peserta tidak hanya mendapatkan dan menemukan pencerahan pada hubungan personal maupun interpersonal. Didalam aktivitas kerjannya, namun tidak juga menumbuhkan dari dalam dirinya semangat baru kearah perubahan yang lebih baik.

2.      Rafting
Berpetualang mengurangi jeram-jeram menantang di seputar Pulau Onrust.

5.      5. Paket Wisata Edukasi (MENANAM TERUMBU KARANG DAN PELEPASAN ANAK-ANAK PENYU KE LAUT)

Demi menjaga ekosistem alam yang mulai terkikis kami menyelenggarakan ecotourism berbasis lingkungan dengan menanam terumbu karang dan pelepasan ank-anak penyu. Selain itu pula kita merencanakan rehabilitasi dan konserfasi bagi penyu yang ingin berkembang biak tanpa diganggu oleh para pemburu yang ingin mengambil hasilnya. Kita juga membangun sebuah. Para wisatawaan akan terkesan dan senang memelihara lingkungan pulau dan bawah air pulau Onrust ini.

Hal-hal yang harus diperhatikan :
Sebagai orang yang membuat paket wisata  sebagai orang yang membuat paket wisata kita juga harus memperhatikan kebersihan lingkungan dan keindahan Pulau Onrust dan tentunya fasilitas yang tedapat didalamnya, seperti memberikan fasilitas penerangan, terbebasnya pulau ini dari banyaknya sampah, dibangun cottage-cottage atau tempat penginapan, melakukan penanaman pohon, pengadaan took souvenir dan adanya perbaikan jalan. Apabila itu semua diperhatikan termasuk ikut campur dari pemerintah, pulau onrust tidak hanya menjadi destinasi sejarah tetapi sebagai destinasi utama yang wajib dikunjungi didalam kepulauan seribu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar