Kamis, 09 Juni 2011

tugas kelompok 4 wawancara

SEJARAH KEBUDAYAAN DAN KESENIAN INDONESIA


Nama kelompok                               :   ANDINI BINAYUDA EKAWATI
                                                            AHMAD INDRA FAJAR
                                                            LIDYA NOVITA
                                                            RIYANI ASTI ARAMI

Pada tugas lapangan kali ini kami kelompok 4 akan wawancara dengan salah satu sanggar tari di Jakarta, sanggar tari yang kami pilih adalah sanggar tari genecela. Dan inilah hasil dari wawancara kelompok kami dengan Ibu Yasinta R. Suryani, SE selaku pemilik sanggar tari genecela :




1.       Apa itu Genecela ?
Genecela atau genecela Dance Centre (GDC), adalah sebuah sekolah tari yang  memfokuskan pengajaran tari yang bersifat akademis dengan berdasarkan Dance Syllabus dengan pengajar-pengajar professional yang berpengalaman. Saat ini GDC bekerjasama dengan Dance Syllabus dari Australia yaitu ATOD (Australian Teachers of Dancing) dan juga dengan ujian kenaikan tingkat setiap tahun. Dengan atmosphere kelas yang sangat nyaman dan ramah, dan pengajar-pengajar yang sangat supportive dalam mendukung tujuan atau impian dari masing-masing murid, GDC telah berhasil menciptakan suasana belajar mengajar yang sangat positif. Saat ini GDC juga mempunyai kelas Salsa Dance dan Latin Dance dan terus akan diadakan pengembangan kelas-kelas baru baik kelas yang bersifat akademis maupun exercising. GDC telah banyak membantu baik itu dari level anak-anak, remaja maupun dewasa, untuk mulai melangkah ke dalam dunia tari dan Performing Arts. Apapun tujuannya itu adalah untuk merintis karir, pengembangan diri, peningkatan percaya diri ataupun hanya untuk mendapatkan kesenangan dan kebugaran tubuh, GDC menawarkan pelatihan-pelatihan dan arahan-arahan untuk setiap orang dalam membantu mengenal dan mengembangkan potensi diri mereka yang paling optimal. 
Murid - murid mendapatkan pengalaman dari program-program tari yang menarik, pentas-pentas, dan yang paling penting adalah mendapatkan pengalaman yang positif dalam proses belajar ini.

2.       Apa visi dan misi dari sanggar atau sekolah tari genecela ini ?
·         Visi kami adalah menciptakan penari - penari yang handal yang akan membawa nama baik Indonesia yang bisa go Nasional dan Internasional, menyelenggarakan pementasan-pementasan atau program performing arts yang berkualitas dari tahun ke tahun, yang tujuan akhirnya akan meningkatkan apresiasi masyarakat luas terhadap seni, khususnya seni tari dan Performing Arts.
·         Misi kami adalah untuk selalu mendukung secara aktif murid-murid dari segala usia, mendapatkan pengalaman di dunia tari dan secara bersamaan mereka akan mendapatkan keuntungan-keuntungan lebih yaitu peningkatan percaya diri, perkembangan fisik dan mental yang seimbang, pembentukan postur dan koordinasi tubuh yang baik, pengembangan kepribadian dan mendapatkan kebugaran tubuh.


3.       Bagaimana sejarah/latar belakang sanggar tari genecela ini ?
Untuk sejarah sanggar genecela sendiri, sekolah ini di bangun pada bulan Januari 1996, Yasinta R. Suryani, SE, mulai mendirikan studio tari GENECELA DANCE CENTRE sebagai perwujudan cita-citanya semasa kecil, yaitu menjadi seorang guru di sekolah tari milik sendiri. Dengan memiliki bekal tehnik menari yang baik setelah menimba ilmu lebih dari 20 tahun dengan salah satu guru besar Ballet di Jakarta yaitu Ibu Farida Oetoyo, ditambah pengalamannya mengikuti berbagai pelatihan dan sebagai penari dari koreografer besar dalam negeri dan luar negeri, juga sebagai penari professional yang telah mengikuti beberapa event menari di dalam negeri dan luar negeri (Hong Kong, Jepang, Austria), menyebabkan beliau semakin yakin bisa mewujudkan cita-citanya mencari dan membina penari-penari sejak usia dini dengan tekhnik menari yang benar dan baik, yang nantinya bisa mencetak penari profesional Indonesia yang bisa dibanggakan.
Perjalanan sekolah tari GENECELA ini mengalami perkembangan yang cukup baik, terutama setelah dibuka kelas tari selain Ballet klasik, yaitu Jazz Dance, Hip Hop dan Tap Dance, di bawah pembinaan dan pengawasan langsung dari Mr. Edmund Gaerlan, sebagai pengajar Professional yang bertaraf Internasional dan satu-satunya pengajar Tap Dance di Indonesia yang berasal dari Phillipina dan memiliki pengalaman yang sangat luas di bidang tari.
Saat ini GDC memiliki beberapa cabang, dan beberapa tenaga pengajar Profesional dan akan terus meningkatkan kualitas pengajaran.

4.       Ada berapakah staf pengajar di sekolah tari genecela ini ?
Untuk para pengajarnya sendiri, kami menyediakan lima guru professional yang siap membantu para murid sanggar tari genecela. Berikut nama para pengajarnya :
·         EDMUND GAERLAN, GDC Technical Advisor Teacher and Choreographer
Mulai menari sejak usia 8 tahun, disusul Tap Dance dan Jazz Dance di tahun-tahun berikutnya, Edmund mengukir pengalaman menari yang cukup luas di Philipina tempat kelahirannya. Tahun 1987-1989, menjadi anggota Ballet Phillipines, sebuah Ballet Company terkemuka di Philipina. Tahun 1989 - 1992 bergabung menjadi anggota dan koreografer di Hotlegs Jazz Dance Company, dan juga anggota di Locsin Tap Ensemble.
Tahun 1992 - 1994 Edmund kembali menjadi penari utama di Ballet Phillipines, dan meneruskan karir tarinya yang terus menanjak di Hong Kong, sebagai penari utama di City Contemporary Dance Company. Edmund telah banyak menarikan karya-karya besar koreografer ternama dari bermacam-macam Negara, seperti William Morgan (Scotlandia), Mikhail Kukharev (Rusia), Garth Weish (Australia), Bing dan Agnes Locsin (Phillipina), Norman Walker & Adam Sage (USA), Helen Lai & Willie Tsao (Hong Kong), Laura Alonso (Kuba), Jurgen Otte (Belanda), Olivier Patey (Perancis) dan menimba ilmu dengan Mario Recto, Rene Novilena, Cecile Santos, Guilermo Gormez de Rivera. Pindah ke Indonesia, pernah menjadi Director of Dance Department di Jakarta International School senior high school dan sampai sekarang menjadi pengajar dan koreografer Profesional di Genecela Dance Centre.
·         YASINTA R. S. GAERLAN, GDC Founder - Artistic Director Teacher & Choreographer
Bermula dari mengambil kursus Ballet Klasik sejak usia 5 tahun di sekolah Ballet Sumber Cipta. Berguru selama lebih dari 15 tahun dengan legendaris dan guru besar ballet klasik Ibu Farida Oetoyo, sampai menjadi penari dan pengajar professional. Ketekunannya mendalami ballet klasik ini membuatnya memiliki keahlian dan pengalaman menari Ballet Klasik, Jazz Dance, Tap Dance, dan tari Kontemporer. Tahun 1996 mendirikan Genecela Dance Centre. September 1993 mengikuti Tokyo International Choreography Competition di Jepang dan Agustus 1994 mengikuti TANZ Festival di Wina Austria mewakili salah satu penari dari Indonesia. Dengan berbagai pengalaman berguru dari pengajar dan koreografer professional dari dalam dan luar negeri membuatnya menjadi lebih matang dalam pengajaran di bidang tari.
·         JONITA SJAH, GDC Teacher, Choreographer and Professional Dancer
Memulai perjalanan menarinya sejak usia 5 tahun di salah satu sekolah Ballet terbaik di Jakarta pimpinan Farida Oetoyo. Ketekunan dan kegemarannya menari ini membuatnya menjadi salah satu penari Profesional di Indonesia. Tehnik menarinya bertambah sempurna dengan pengalamannya menimba ilmu di di Koln - Jerman, dan menari di beberapa karya koreografer-koreografer besar dari dalam dan luar negeri seperti Boy G. Sakti, Sukardji Sriman, Farida Oetoyo, Toos Hopman, Jurgen Otte, Maxine Hepner, Oliver Patey, dan Edmund Gaerlan. Pada tahun 1993, sempat mengikuti lomba di Jepang dalam rangka Tokyo International Choreography dengan Sukardji Sriman sebagai koreografer. Kemudian tahun-tahun berikutnya mengikuti Festival Arts di Hong Kong dan Festival Asian di Singapura dengan kelompok Boy G. Sakti Dengan bekal ilmu menari dan pengalamannya ini, kemudian merangkap menjadi pengajar tari sudah lebih dari 10 tahun, khususnya Ballet di Genecela Dance Centre sampai sekarang.
·         LYDIA MEISURI, GDC Teacher, Choreographer and Professional Dancer
Mulai belajar Ballet sejak usia 6 tahun. Juga sempat menekuni Jazz Dance dan Modern Dance, dan mengikuti Summer Course di London, menggali ilmu di workshop-workshop tari. Sebagi penari maupun koreografer handal telah banyak terlibat di berbagai macam acara pementasan tari dan juga dalam produksi film dan iklan. Bergabung sebagai pengajar dan koreografer di GDC sejak tahun 2000 sebagai ungkapan kecintaannya terhadap dunia seni tari.
·         LIZA M. SIDHARTA, GDC Teacher and Choreographer
Mulai belajar Ballet Klasik sejak usia 6 tahun di Sekolah Tari Sumber Cipta pimpinan Farida Oetoyo. Saat belajar di Amerika sempat mengikuti Ballet Course di Dallas selama 2 tahun. Selain Ballet, juga mendalami Latin dan Ballroom Dance serta Line Dance. Walau sempat berkarir di bidang design, namun karena kecintaannya pada dunia tari, pada akhirnya bergabung sebagai pengajar di Genecela Dance Centre sejak 4 tahun lalu. Terus berkarya dan mencintai murid-muridnya dengan tulus adalah prinsip yang dianutnya.

5.       Kelas dan jenis tari apa saja yang tersedia di sanggar ini ?
Di sekolah ini ada 6 kelas dan 6 jenis tari yang diajarkan untuk para murid, seperti :
·         CLASSICAL BALLET
Ballet klasik adalah ilmu klasik yang dapat menciptakan gerakan-gerakan yang sangat dinamis dan indah. Perlu waktu yang cukup lama dalam mempelajari ilmu dari ballet klasik ini. Ballet Klasik ini dapat dimulai dari usia anak-anak 3 tahun ke atas, sistem pendidikan yang digunakan adalah pencampuran antara syllabus RAD (Royal Academy of Dancing London), Vaganova Rusia. Setiap tahun akan diadakan ujian kenaikan tingkat. Tahun ini bekerjasama dengan System Pendidikan Tari dari Australia yang disebut ATOD (Australian Teachers of Dancing) dan sudah resmi menjadi member ATOD yang setiap tahun ujian kenaikan tingkat dengan penguji dari Australia. Keahlian ballet ini pada tahap tertentu akan sangat memudahkan dalam mempelajari ilmu tari yang lain karena disiplin tubuh yang diajarkan dalam ballet klasik ini sangat tinggi dan dapat menjadikan seseorang penari professional yang handal di segala bidang tari dan juga menjadi bekal dalam berkarir di kemudian hari.
·         MODERN JAZZ DANCE
Modern Jazz dance adalah seni gerak yang menggunakan semua gerakan-gerakan yang dirangkum dalam satu kesatuan gerak berbentuk tarian yang sangat indah dan dinamis. Ilmu dalam seni tari ini melatih tubuh untuk bisa melakukan gerakan-gerakan dengan teknik yang lebih terarah dan lebih maksimal. Disiplin tubuh yang diajarkan dalam jazz dance ini, sangat fleksibel dan mempunyai cakupan gerakan yang sangat luas. Seni tari ini dapat diikuti oleh anak dengan usia 5 tahun ke atas.
·         TAP DANCE Tap Dance adalah suatu seni gerak yang mengandalkan bunyi-bunyian dari gerakan kaki yang menggunakan sepatu khusus (sepatu dengan alas tap plates), dan dengan didukung gerakan-gerakan tubuh menghasilkan suatu kesatuan gerakan dan ritme yang sangat dinamis. Sistem pengajaran yang digunakan adalah Al Gilbert Technique dari Amerika. Tap Dance dapat dimulai dari usia anak 5 tahun ke atas, laki-laki maupun perempuan.
·         HIP HOP - STREET FUNK
Hip Hop dapat dimulai dari usia anak 5 tahun ke atas, baik untuk laki-laki maupun perempuan.  Seni tari ini memiliki disiplin tubuh yang kurang lebih hampir sama dengan Modern Jazz Dance, yaitu menggunakan musik-musik rap atau pop lainnya, hanya saja dalam seni tari hip hop ini memiliki hentakan-hentakan gerakan yang lebih kuat.
·         LATIN DANCE
Latin Dance diperuntukkan bagi kalangan remaja hingga dewasa. Latin dance di dalamnya mencakup antara lain Cha Cha, Rumba, Jive. Gerakan-gerakan yang diajarkan akan membentuk disiplin dan postur tubuh yang baik. Latihan-latihan rutin akan menghasilkan gerakan-gerakan yang sangat dinamis, dan akan membentuk tubuh yang lebih ideal, disamping juga melatih daya ingat. Kelas berbentuk Group, yang harus diambil adalah per paket, Dalam 1 paket adalah 8 kali pertemuan dengan minimal 1 jam setiap kali pertemuan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Frekuensi kelas adalah 1 kali seminggu atau pun bisa juga 2 kali seminggu.
·         SALSA DANCE
Salsa Dance diperuntukkan bagi kalangan remaja hingga dewasa. Latihan-latihan rutin akan menghasilkan gerakan-gerakan yang sangat dinamis, dan akan membentuk tubuh yang lebih ideal, disamping juga melatih daya ingat. Gerakan-gerakan dalam Salsa Dance agak berbeda dengan Latin Dance. Gerakan-gerakan dalam Salsa lebih bebas dan musiknya pun sangat energetic. Kelas berbentuk Group, yang harus diambil adalah per paket, Dalam1 paket adalah 8 kali pertemuan dengan minimal 1 jam setiap 1 kali pertemuan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Frekuensi kelas adalah 1 kali seminggu atau pun bisa juga 2 kali seminggu.




6.       Dimana sajakah cabang-cabang sanggar ini ?
Sanggar tari Genecela telah membuka cabang di berbagai alamat di Jakarta. Seperti :
•             Genecela Dance Centre Taman Kedoya Sport Club Lt. 2 Jl. Kedoya Palma Raya Blok FC No. 1 Taman Kedoya Baru – Jakarta Barat Indonesia 11520.
•             Taman Semanan Indah Jl. Dharma Kencana Blok H/17, Jakarta Barat.
•             Sanggar Kreativitas Bona Jl. Raden Saleh No. 36 Karang Mulya – Ciledug, Jakarta Barat.
•             Appregio – Jl. Citra Garden 2, Pegadungan – Kalideres, Jakarta Barat .
•             Starfish – Jl. Hutan jati ruko Daan Mogot baru 7B no 8, Jakarta Barat.
•             Kids World – Senopati, Jakarta Selatan.
•             My Playmall – Senayan City Lt. 4 – Jakarta Selatan.
•             Gathaya Performing Arts Centre – Jl. Ciasem No. 36 Kebayoran Baru – Jakarta Selatan.

7.       Apa keuntungan belajar tari di genecele ini ?
Banyak alasan kenapa kenapa orang suka dance,  mulai hanya sebatas hobi atau  karier,  dan  banyak alasan juga kenapa anda harus belajar dance di Genecela Dance Centre.
1.            Dance academy Genecela Dance Centre tidak hanya mempunyai kelas Ballet dan Modern Jazz dance saja, tetapi ada kelas Tap dance, Salsa, Hip Hop, Latin dance dan kelas dance lainnya.
2.            Guru  pengajar dance academy Genecela Dance Centre adalah pengajar dance  berpengalaman,  lulusan dance academy terkenal , sering mengikuti beberapa dance event di banyak negara baik dalam dan luar negeri  seperti  Hong Kong, Jepang, Austria, USA dan negara lainnya.
3.            Pengajar dance academy Genecela Dance Centre  sangat support, aktive  mendukung tujuan dan impian dari masing-masing murid.
4.            Dance academy Genecela Dance Centre merupakan  satu – satunya  sekolah tari di Indonesia yang mengajarkan Tap dance  dengan menggunakan syllabus pengajaran Al Gilbert dari Amerika.
5.            Pengajar Tap dance dance academy Genecela Dance Centre adalah Mr. Edmund Gaerlan, beliau   pengajar Tap dance professional  bertaraf internasional, berpengalaman, dan satu-satunya pengajar Tap dance di Indonesia  dari Phillipina.
6.            Dance academy Genecela Dance Centre adalah sekolah tari berijasah international ,  selain mendapatkan ijasah dari Genecela Dance Centre,  juga mendapatkan  Syllabus  Australian Teachers of Dancing ( ATOD).
7.            Dance academy Genecela Dance Centre  mempunyai agenda tahunan  performing dance  seperti Nature in Motion, Peter and the Wolf, Alice in Wonderland, It’s Show Time dan lain sebagainya.
8.            Dance academy Genecela Dance Centre  aktif performing  di TV swasta seperti  Dahsyat-RCTI, On the Spot-Trans7, Idola Cilik 1,2,3 – RCTI,  Dorce Show – Trans7, Pernik-Trans7, Profesi – o Channel, Good Morning-RCTI, Tampil Berani-Indosiar, Gong Show- TransTV, Doremi- RCTI, Bincang Bintang  dan lainnya,  Event perusahaan, Wedding, Brithday , event pertunjukan dan event lainnya.
9.            Dance academy Genecela Dance Centre mempunyai  8 cabang  di Jakarta dengan  alamat strategis ,  mudah di jangkau terdiri dari ruang kelas nyaman serta sarana yang sangat mendukung.
10.          Studio dance academy Genecela Dance Centre berhasil menciptakan atmosphere kelas nyaman,  ramah,  suasana belajar mengajar  yang sangat positif dan kekeluargaan.
11.          Untuk mendukung peminat  dance di Indonesia , dance academycGenecela Dance
Centre  mempunyai agenda promo berkelanjutan, seperti free trial Ballet , free trial Hip Hop,  free registration kelas Salsa, member get member dan promo lainnya.
12.          Dance academy Genecela Dance Centre berusaha memberikan pelayanan terbaik dengan  fasilitas customer service yang mudah di hubungi  baik offline maupun online.

  1. Bagaimana cara bergabung dengan sekolah genecela ?
Kunjungi sekolah tari Genecela terdekat atau hubungi 021 – 45 432 432 and 021 6870 8700 untuk melakukan pendaftaran.

Sekian wawancara dari kelompok kami, semoga bermanfaat bagi semua orang yang membutuhkan informasi tentang sanggar tari, terutama sanggar genecela ini.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wr.wb,saya WIWI ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada eyang guntur atas bantuan eyang. kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan eyang guntur pula yang telah memberikan angka ritual kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa eyang karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 100rb dan akhirnya saya menang. Berkat angka GAIB hasil ritual eyang guntur saya sudah bisa melanjutkan kulia saya lagi dan kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB eyang di nomor hpnya: 0823-3744-3355 atau dan ramalan eyang guntur memang memiliki ramalan GHOIB” yang dijamin 100% tembus.

    BalasHapus